“Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Di
Bidang Telekomunikasi”
Disusun
Oleh
LEON
AKADEMI MANAJEMEN
INFORMATIKA KOMPUTER (AMIK)
TAHUN AJARAN 2012/2013
KATA PENGANTAR
Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk
sosial, makhluk yang suka atau tidak suka pasti berinteraksi dengan manusia
yang lain manusia dalam melakukan interaksi dengan manusia lain menggunakan
komunikasi. Dimanapun kita berada pasti kita berkomunikasi baik itu di rumah,
sekolah, di kantor dan di mana pun manusia itu berada.
Komunikasi adalah salah satu aktivitas yang sangat
fundamentalis dalam kehidupan umat manusia. Kebutuhan manusia untuk berhubungan
dengan sesamanya diakui oleh hampir semua agama telah ada sejak tuhan
menciptakan adam dan hawa di muka bumi ini.
Kapan manusia mulai mampu berkomunikasi dengan manusia
lainnya tidak ada data autentik yang dapat menerangkan tentang hal itu. Hanya
saja diperkirakan bahwa kemampuan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain
secara lisan adalah suatu peristiwa yang berlangsung dengan sendirinya.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Allah yang
Maha Esa atas semua karunia yang telah diberikannya kepada kita. Tak lupa kami
ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan
dan gambaran kepada kami.
Palopo,18
Oktober 2011
Penyusun
Leon
DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................................... i
Daftar
Isi.................................................................................................................... ii
BAB
I
Pendahuluan................................................................................................ 1
A. Latar belakang........................................................................................... 1
B. Tujuan........................................................................................................ 1
C. Manfaat..................................................................................................... 1
BAB
II Pembahasan................................................................................................ 2
A.Sejarah Perkembangan Teknolgi
Informasi DiBidang Telekomunikasi..... 2
1.1.
Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik....................... 3
1.2.Komputer
Generasi Pertama........................................................ 5
1.3.Komputer
Generasi Kedua........................................................... 7
1.4.Komputer
Generasi Ketiga........................................................... 8
1.5.Komputer Generasi Keempat....................................................... 9
1.6.Komputer
Generasi Kelima.......................................................... 11
B.Sejarah
Singkat Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi...... 13
C.Perkembangan
dan Implikasi Ti dan Ti Dalam Pendidikan di Indonesia.. 20
BAB
III Kesimpulan...............................................................................................
23
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makalah ini sengaja ditulis
dengan gaya bahasa sehari-hari yang sangat mudah dipahami
dan dimengerti. Makalah ini disusun berdasarkan bab-bab, sehingga
pembaca dapat dimudahkan untuk mencari pokok persoalan yang telah dibaca.
Dalam penyusunan makalah ini
tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya mengajak para
pembaca untuk memahami “Perkembangan Teknologi Informasi Di Bidang Telekomunikasi” dan penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas Pendidikan
Teknik Informatika tahun ajaran 2011/2012. semoga kita
dapat memahami perkembangan teknolgi informasi komunikasi
B. Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:
1. Untuk memenuhi tugas PTI tahun pelajaran 2011/2012.
2. Untuk mengajak pembaca agar mengetahui dan memahami
perkembangan
teknologi
informasi dibidang telekominikasi.
3. Untuk mengajak pembaca agar dapat memahami perbedaan teknologi
komunikasi
sekarang dengan zaman dahulu.
C. Manfaat
Adapun manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah ini
sebagai berikut :
1. Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2. menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3. Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
1. Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2. menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3. Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
BAB
II
PEMBAHASAN
Sejarah computer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala.
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia
juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
* Komputer Generasi Pertama
* Komputer Generasi Kedua
* Komputer Generasi Ketiga
* Komputer Generasi Keempat
* Komputer Generasi Kelima
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
* Komputer Generasi Pertama
* Komputer Generasi Kedua
* Komputer Generasi Ketiga
* Komputer Generasi Keempat
* Komputer Generasi Kelima
1.1.
Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanika
yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, abacus kehilangan popularitasnya
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi
mekanikal.
Awal mula
komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris,
Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam
antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam
mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika
membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah
tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat
untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab
masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk
melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin
Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan
program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah
bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang
disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842)
memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana,
mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi
Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik
tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam
mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun
1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman
dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya
Pada masa
berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush
(18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial
di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial
kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry
mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit
elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864)
berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik
dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi
benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff
dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka
terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
1.2. Komputer
Generasi Pertama
Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun
1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus
Amerika
Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang
dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight
D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetik untuk penyimpanan data.
Ciri-ciri
komputer generasi pertama adalah:
§ Program dibuat dalam bahasa
mesin,
§ Menggunakan konsep storage Program,
§ Komponen yang digunakan adalah
tabung hampa udara,
§ Ukuran fisiknya besar sehingga
membutuhkan daya listrik yang besar, serta
§ Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya,
komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran
besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
1.3. Komputer Genarasi Kedua
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua
yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada
masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada
tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi
kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan
bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa
bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL)
dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang
untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua
antara lain:
§ Kapasitas
memori utama cukup besar,
§ Komponen
yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung
hampa udara,
§ Menggunakan
magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
§ Mempunyai
kemampuan proses real-time dan time sharing,
§ Proses
operasinya lebih cepat,
§ Orientasinya
pada aplikasi bisnis dan teknik.
Contohnya,
komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini
komersial yang pertama. Selain itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR
300, dan sebagainya.
1.4. Komputer Genarasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,
namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi
merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga
antara lain:
§ Komponen
yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan
atau
ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic
integrated circuits,
§ Proses
operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh
lebih besar,
§ Ukuran
fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
§ Menggunakan
magnetic disk yang sifatnya random access,
§ Dapat
melakukan multiprocessing dan multiProgramming,
§ Alat
input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display
terminal,
serta
§ Dapat
melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer
lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC
3000, PDP-11, dan lain sebagainya.
1.5. Komputer Genarasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale
Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun
1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk
mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan.
Tidak lama kemudian,
setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil
dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa
untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem
grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang
berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible
dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua
masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya
penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi
terus dikembangkan.
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,
komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk
dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Komputer jaringan
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang
menjadi sangat besar.
Sejak
tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
§ Penggunaan
LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large
Scale Integration, serta
§ Menggunakan
mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori
komputer
Contohnya,
komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama
kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip
mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun
1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox
Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window
dan mouse.
1.6. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit
karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),
HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,
menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh
dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhan.
Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi
semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model
von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon
dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan
membuahkan hasil.
Komputer generasi kelima kini sedang dalam
pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang
diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori
perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan
pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah
sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence). Hal ini dapat
diterapkan untuk mengoperasikan robot.
B.
SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
1. masa Perasejarah
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada
awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi
sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka
menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang
berburu dan binatang buruannya.
Pada masa
ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan
mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis
pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam
berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai
bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan
selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan
bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang,
atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b. Masa
Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)
Pada masa
tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian
kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas
saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.
c. Masa
3000 SM
Untuk
pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol
atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan),
sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
d. Masa
Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) 2900 SM
Pengunaan
huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol
dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan
menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk
tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa
Sumeria
2) 500 SM
Serat
papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang
tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang
lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang
sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.
3) 105 M
Bangsa
Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini
adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu
yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan
ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok
kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang
dengan sistem cap.
2.
Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)
1.
Tahun
1455
Mesin
cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti
dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya
oleh Johann Guntenberg
1.
Tahun
1830
Augusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan
Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu
memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah
kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun
cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun
sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .
1.
Tahun
1837
Samuel
Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan
Sir Charles Wheatstone.
Yang
dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang
menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini
mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan
ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh
masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
1.
Tahun
1861
Gambar
bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan
sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang
dengan sebutan layar tancap.
1.
Tahun
1876
Pada masa
ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan
desimal.
1.
Tahun
1877
1)
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan
pertama kali secara umum.
2)
Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
1.
Tahun
1899
Dipergunakan
system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini
penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
1.
Tahun
1923
Pada masa
ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
1.
Tahun
1940
Dimulainya
pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2
yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen
militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1.
Tahun
1945
Vannevar
Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini
penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web
site yang saat ini berkembang.
1.
Tahun
1946
Pada masa
kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I
dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer
sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
1.
Tahun
1948
Para
peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
1.
Tahun
1957
1)
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini memungkinkan
Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping
kecil kristal silicon.
2)
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan
pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk
Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen
Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi
dalam bidang militer.
1.
Tahun
1972
Pada masa
ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk
berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat
elektronik.
1.
Tahun
1973-1990
Istilah
internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan
pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP
yang dikembangkan oleh grup dari DARPA
.Pada
tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET
dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian
pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
1.
Tahun
1991-Sekarang
Sistem
bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi
biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992
pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web
(WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database
(oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi
(oleh General Atomics/CERFnet).
Pada tahun
1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke
dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat
dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi
provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan
teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk
mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Teknologi
Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah
diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum
memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung
dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya
seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA
berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan
jaringan televisi siaran lokal.
Satelit
Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern
dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan
kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya.
Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan,
penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan
perindustrian. Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung
sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga
semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu
mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya
sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal
computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan
sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh
dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan
komputer.
Teknologi
Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan
perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk
keperluan hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI Dari dulu
sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang
pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang
penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli
tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia
pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang
lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis
proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal
tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang
secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
Bishop G.
(1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes
(flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa
pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R.
(1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh
jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya
gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan
nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru
akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski &
Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC).
Dari
ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan
masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat
terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada
produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif
C. PERKEMBANGAN
DAN IMPLIKASI TI DAN TI
DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kecenderungan
perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang
adalah:
1.
Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance
Learning).
2. Sharing
resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
3.
Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia,
dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
DISTANCE
LEARNING Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang
pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak
jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa
dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan,
melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan
sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
dosen dan mahasiswanya.
Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Dalam bentuk real time dapat dilakukan
misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real
video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing
list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga
diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk
presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian
dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama.
Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses
registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.
Suatu
pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai
berikut:
1. Pusat
kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu
menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat
menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
2.
Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3. Sistem
administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
4.
Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan
tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta
melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi
oleh web based distance learning
5.
Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan,
tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara,
gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk
database.
6. Materi
online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan
bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat
langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada
mahasiswa lainnya melalui web.
BAB III
KESIMPULAN
Sejak
tahun 1976, Indonesia telah memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya
SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai
teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan
kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat,
tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan
TK yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin
deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke
masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya
berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia
pendidikan. Seperti penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail,
e-laboratory, dan lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan
tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi,
pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam,
multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan
kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi
dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang
menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
SEJARAH YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI YANG MENYIMAKNYA
BalasHapusMy blog
Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat , adanya sejarah perkembangan ini sangat membantu ,
BalasHapusjangan lupa kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
thanks ..
Terimaksih blog ini sangat membantu saya memahami belog teknologi informasi ini dan sangat berguna bagi saya dan sangat bermanfaat dan jangan lupa kunjungi website kami www.atmaluhur.ac.id
BalasHapusdan jangan lupa kunjungi website kami website kami www.atmaluhur.ac.id dan blog saya 2809satnight.blogspot.com